Singing Hatsune Miku

ANALISIS MAKALAH “IMPLEMENTASI FUZZY EXPERT SYSTEM UNTUK ANALISA PENYAKIT DALAM PADA MANUSIA”

| Kamis, 17 November 2016
 1.       Field Establish
Makalah ini membahas tentang pembuatan sautu perangkat lunak(software) yang digunakan untuk menganalisa penyakit yang terdapat pada tubuh pasien dari gejala-gejala yang dialami oleh pasien layaknya seorang dokter saat bertanya ke pasien tentang keluhannya, sehingga memudahkan perkerjaan dokter dan pasien dapat menignkatkan ketepatan analisa penyakit yang diderita oleh pasien.

       2.       Masalah
Salah satu masalah yang sering dialami oleh seorang dokter adalah kesalahan terhadap analisa penyakit yang terjadi pada pasien, dengan begitu banyaknya penyakit dan gejala-gejala yang hampir sama disetiap penyakit, tentu saja dokter terkadan juga bisa salah, misalnya orang sakit kepala biasa dengan orang yang terkena demam, mereka memiliki gejala yang sama, yaitu sakit pada bagian kepala, yang membedakan kedua penyakit tersebut adalah intensitas dan frekuensi serangan gejala tersebut dan gejala susulan yang menyerang pada kedua penyakit.

       3.       Solusi
Untuk mengatasi masalah diatas maka dibuatlah program sistem pakar yang berbasis Fuzzy Expert System yang diharapkan dapat memudahkan pekerjaan para dokter dan juga dapat menganalisa gejala-gejala yang dialami oleh pasien dan mengetahui penyakitnya dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

       4.       Evaluasi
Dalam makalah ini dijelaskan bahwa Expert system (sistem pakar) yang berkerja dengan rule based yang disimpan dalam database, namun Sistem pakar yang berbasis rule based masih memiliki kekurangan, maka dari itu dikembangkanlah sistem pakar yang berbasis Fuzzy.
Dalam menganalisa gejala-gejala yang dialami oleh seseorang juga pasti melewati berbagai proses dalam program tersebut yang nantinya akan menghasilkan analisa yang sangat akurat. Proses yang pertama dilakukan adalah dengan menggunakan metode forward chaining dalam menentukan prediksi awal suatu penyakit yang diderita oleh pasien, setelah melakukan metode pertama maka software akan menggunakan metode backward chaining untuk menanyakan gejala-gejala lain yang mungkin belum dimasukan oleh pasien.

      5.       Kontribusi
Pada makalah ini disebutkan bahwa dalam hasil pengujiannya, gejala-gejala yang dialami oleh pasien dapat dianalisa penyakitnya dengan tepat tergantung dari intensitas dan frekuensi gejala yang dialami oleh pasien.

      6.       Critical Thinking
(GOOD)
Dalam makalah ini penulis mencoba untuk menjelaskan tentang keguaan dan manfaat dari Sistem Pakar berbasis fuzzy yang menggunakan metode forward chaining dan backward chaining untuk dapat menganalisa penyakit yang diderita oleh pasien. Dengan dibuatnya sistem ini dapat memudahkan pekerjaan seorang dokter dalam menganalisis penyakit dari gejala-gejala yang dialami oleh pasien dan juga dapat memberikan hasil dengan ketepatan yang cukup tinggi kepada pasien.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲